Cara Menggemukan Badan Ayam Bangkok yang Kurus dengan Cepat

Anda mencari cara menggemukan badan ayam bangkok yang kurus dengan cepat? Selamat, Anda datang di artikel yang tepat. Karena setelah membaca ini, Anda akan mendapatkan pemahaman mengenai mengapa ayam bangkok susah gemuk dan bagaimana cara menggemukkan ayam bangkok.

Kenapa ayam sulit gemuk?

Langkah pertama cara membuat badan ayam gemuk adalah mengetahui mengapa ayam susah gemuk. Dan inilah beberapa sebabnya.

Karena dengan mengetahui dengan benar mengapa ayam susah gemuk adalah sangat penting jika Anda menginginkan ayam bangkok dengan badan yang berisi dan sehat.

Apa saja sebab ayam bangkok selalu kurus dan susah gemuk? Ini dia cara menggemukan ayam kurus.

  1. Ayam Mengalami Cacingan

Pemicu pertama yang sangat mendasar kenapa ayam jadi kurus, bisa jadi diakibatkan sebab ayam mengalami cacingan.

Cacingan ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh sejenis cacing parasit yang masuk ke dalam usus ayam. Satu karakteristik yang sangat nampak bila ayam telah terkena cacing parasit ialah tubuh ayam yang bakal kerempeng.

Tak hanya itu, bulu ayam akan kumal atau lusuh. Perkembangan ayam juga terganggu, karena terlihat pelan sekali.

Dengan demikian, sudah jelaslah bahwa cacingan merupakan salah satu pemicu kenapa ayam bangkok terlihat ceking serta sulit berisi.

Salah satu jalan keluar untuk menanggulangi ayam cacingan bisa dicoba dengan kiat memberikan obat cacing ataupun dapat pula dengan memberikan racikan herbal dari buah pinang.

  1. Pakan yang Anda Berikan Kurang Gizi

cara membuat badan ayam gemuk

Kurangnya vitamin pada pakan yang Anda berikan bisa berarti satu alasan yang masuk akal kenapa ayam bangkok Anda kerempeng.

Padahal, sebenarnya vitamin ayam dapat Anda penuhi dengan memberikan ayam pakan yang proporsional serta cocok dengan kebutuhan atau keperluan ayam.

Sebagai peternak yang bijaksana, hendaknya Anda mampu mengaplikasikan kombinasi pakan. Jadi pakan ayam Anda tidak berputar dan berpatok pada jagung, jagung serta jagung.

Baca juga  Simak 7 Tips ini, Sebelum Membeli Indukan Ayam Bangkok yang Bagus!

Itu terus yang diberikan kepada ayam. Cobalah sesekali beri ayam Anda pakan berupa nasi, beras, bibit, sayur-mayur, ini semua agar keperluan vitamin pada ayam Anda bisa terjaga dan terpenuhi.

Setelah itu lebih bagus lagi bila Anda memberikan jamu atau ramuan herbal buat ayam supaya ayam lebih sehat, lebih segar dan tentu saja lebih gemuk.

  1. Faktor Keturunan

Salah satu aspek yang terbukti mempengaruhi ukuran ayam bangkok, yakni aspek keturunan. Maksudnya bagaimana?

Maksudnya dalam kondisi bawaan semenjak lahir yang diturunkan oleh jantan serta ayam betina. Generasi pendahulunya (kondisi fisik bapak ibu nya) amat memberikan pengaruh kepada bentuk tubuh, kemampuan, kondisi ketahanan fisik bahkan sampai tingkat kecerdasan ayam bangkok.

Misalnya begini: jika jantan dan betina orang tua ayam bangkok Anda berukuran kecil, ya jangan berharap anaknya akan berukuran besar dan menyenangkan.

  1. Ayam Bergerak Sangat Aktif

Ayam yang sangat aktif beraktivitas terbukti dapat menjadikan ayam jadi cempreng serta sulit gendut. Ini disebabkan karena pembakaran lemak pada ayam yang aktif bakal jauh lebih banyak dibanding dengan ayam yang malas-malasan beraktivitas.

Salah satu jalan keluar dari masalah ini adalah dengan menempatkan ayam pada kandang, lalu diberikan asupan pakan yang bergizi. Dengan demikian, ayam bangkok diharapkan akan mampu tumbuh dengan lebih gemuk.

  1. Cara Perkawinan

Tahukah Anda jika musim kawin amat mempengaruhi ukuran tubuh ayam? Hewan ayam memang tidak memiliki musim kawin secara spesifik.

Namun ketika ayam jantan ingin kawin dengan betina, maka ayam ini cenderung tidak mau makan. Dia (si jantan) akan mempersilahkan si betina untuk memakan makanan jatah nya.

Dengan demikian, karena si jantan ini tidak mau makan, maka dalam rentang waktu perkawinan ini, ayam jantan akan susah gemuk.

Cara Menggemukan Badan Ayam Bangkok yang Kurus Dengan Cepat

  1. Gunakan Obat Cacing

Salah satu tersangka utama yang membuat ayam bangkok tidak gemuk dan terus kurus adalah cacing parasit. Untuk menghilangkan cacing dan membuat ayam menjadi gemuk, Anda mungkin bisa mulai menggunakan obat cacing.

Baca juga  Berikut Ini Ciri-ciri Ayam Bangkok Mangon yang Mesti Anda Ketahui

Ingat ya, ini adalah obat tradisional ayam kurus, bukan untuk manusia. Obat cacing untuk ayam mudah ditemukan di apotik atau toko yang menjual keperluan pakan dan peternakan.

Atau, kalau Anda mau membuat dan meracik sendiri ramuan obat cacing, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami.

  1. Gunakan Daun Pepaya

cara menggemukan ayam kurus

Sudah bukan rahasia lagi, khasiat daun pepaya untuk ayam bangkok amatlah banyak. Dimana daun pepaya terbukti dapat tingkatkan nafsu makan ayam bangkok serta memacu metabolisme pada ayam.

Pemberian daun pepaya dengan cara teratur amat baik buat melindungi kesehatan ayam bangkok Anda. Pepaya adalah salah satu bahan jamu agar ayam cepat gemuk.

  1. Pemberian voer

Metode menaikkan berat tubuh ayam yang sangat efisien ialah dengan pemberian pakan voer ataupun kosentrat. Tahap ini amat sesuai buat menaikkan berat ayam bangkok muda.

Tetapi ingat, voer tidak baik buat ayam berumur sebab sanggup melemahkan otot ayam. Dengan begitu otot ayam jadi lunak maka tidak keras.

  1. Pemberian Nasi

Ketika Anda mencoba untuk menaikkan berat tubuh ayam, Anda dapat memberikan pakan ekstra berupa nasi putih. sebab, karbohidrat yang terdapat di dalam nasi putih sungguh bermanfaat buat meningkatan bobot ayam bangkok.

Salah satu kelebihan nasi putih dibanding pakan lain ialah nasi putih tidak membuat otot ayam menjadi lunak. Jadi nasi putih ini lebih baik diberikan buat ayam yang sudah berumur. Oiya, nasi putih ini juga lebih baik bila dibanding dengan pakan voer.

  1. Berikan Beras Merah

Berikutnya, Anda bisa memberikan pakan berupa beras merah buat memenuhi nutrisi pada ayam bangkok. Sebenarnya nutrisi beras merah tidak terlalu berlalu berbeda dengan nasi putih.

Karena kelebihan beras merah ada di dalam kandungan seratnya. Beras merah dan beras putih sama-sama menggemukkan ayam.

Baca juga  Inilah Perbedaan Ayam Bangkok dan Ayam Jawa yang Perlu Anda Ketahui

Namun beras merah tidak akan sampai membuat ayam bangkok jadi terlalu gemuk. Sehingga, jika Anda ingin ayam bangkok Anda gemuk namun tidak obesitas, maka berikan pakan beras merah kepada ayam-ayam tersebut.

  1. Telur Puyuh dan Telur Bebek

cara menggemukan ayam

Tahukah Anda jika nyatanya isi protein yang terdapat pada telur puyuh serta pula telur angsa ternyata sangat wow? Maka dari itu banyak peternak ayam bangkok yang menggunakan dua bahan makanan ini sebagai pakan hewan ternak mereka.

Sebab, dua telur ini mampu menjadikan ayam bangkok memiliki tubuh yang gemuk, otot yang kuat dan enak buat dipandang.

  1. Buah & Sayuran

Beberapa poin makanan di atas rata-rata hanya menyediakan protein, namun kurang vitamin. Karena itu sebaiknya Anda juga menyertakan buah dan sayur dalam menu harian ayam bangkok.

Ini karena buah dan sayur mengandung banyak vitamin untuk ayam kurus dan serat. Dan vitamin amat diperlukan oleh ayam bangkok agar tubuhnya gemuk.

Tak hanya itu, ayam bangkok yang rutin diberikan pakan buah dan sayur tak hanya gemuk, namun juga kuat dan pencernaanya juga sehat, berkat kandungan serat dari buah dan sayur.

  1. Kurangi Kegiatan Pada Ayam

Ternyata, cara menambah berat badan ayam bangkok tidak cuma tergantung pada santapan yang Anda berikan saja. Tidak hanya itu, metode lain untuk meningkatkan bobot ayam bangkok adalah dengan mengurangi aktivitasnya.

Dengan berkurangnya aktivitas, ayam tidak ‘membuang’ tenaga. Sehingga mampu untuk gemuk lebih cepat.

Kesimpulan

Terimakasih Anda sudah membaca berbagai cara menggemukan badan ayam bangkok yang kurus dengan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel kami selanjutnya! Simak terus situs referensi binatang ternak hanya disini.

Leave a Comment