Cara Mengobati Ikan Lele yang Menggantung

Tahukah Anda, bahwa diantara peternak lele, fenomena lele menggantung ini ternyata jadi satu keadaan yang lazim ditemui. Apa itu lele menggantung? Lele menggantung ialah sebuah keadaan ‘aneh’ di mana tubuh ikan lele dalam posisi tegak menggantung dengan bagian kepalanya sampai muncul di permukaan air secara terus menerus. Keadaan ini juga sering disebut dengan lele ‘upacara’. Lalu, bagaimana cara mengobati ikan lele yang menggantung?

Pertanyaannya adalah, bahayakah fenomena lele menggantung ini? Apakah ini sebuah penyakit menular? Pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting untuk kita ketahui jawabannya.

Terlebih lagi, Anda sebagai peternak perlu melakukan gerak cepat untuk menanggulangi masalah lele menggantung ini.

Kenapa ikan lele bisa menggantung?

Beberapa faktor yang telah diketahui oleh para pemelihara ikan lele tentang sebab dan pemicu ikan lele menggantung, ialah seperti berikut ini:

  1. Kandungan amonia tinggi

Kualitas air yang tidak baik jadi salah satu faktor yang butuh Anda ketahui dengan pasti. Sebab, kandungan amonia yang besar inilah yang diketahui sebagai salah satu pemicu banyak serbuan penyakit infeksius ataupun non infeksius.

Begitu juga dengan lele menggantung. Lele menggantung diakibatkan karena melonjaknya kandungan zat amoniak dalam kolam ikan.

Bisa juga karena tingkatan pemberian pakan yang melampaui batas, ataupun kandungan zat asam yang menyusut. Ketiga hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor penyebab lele mengambang.

Penyebab lain yang biasa ditemukan di dalam kasus lele mengambang ini adalah sisa atau ampas pakan organik yang menumpuk didalam kolam.

lele menggantung

Residu pakan ikan tersebut kemudian berpadu dengan amoniak di dalam air. Inilah yang mengakibatkan mutu air terus menurun dan menyebabkan masalah pada ikan lele. Menguras air menjadi salah satu cara mengobati ikan lele yang menggantung.

Kandungan amonia yang jadi besar berpotensi memunculkan toksin didalam kolam, belum lagi kandungan H2S yang besar dan amoniak yang mendekati ambang batas wajar tidak bisa diuraikan jadi nitrit ataupun nitrat.

Sehingga guna menekan kandungan amonia yang besar, peternak ikan lele wajib memberikan perlakuan yang tepat. Salah satunya yakni dengan rutin mengganti air serta senantiasa memperhatikan mutu air di dalam kolam yang Anda gunakan.

  1. pH Air Tidak Sesuai

Ternyata amoniak bukan satu-satunya penjahat di sini. Selain zat amoniak yang meningkat, tingkat keasaman air atau biasa kita sebut dengan pH air, yang melonjak ataupun berkurang, terbukti jadi salah satu faktor lele menggantung ke permukaan air.

pH yang cocok buat kolam ikan lele berkisar antara 7 hingga 8. Sebab-sebab yang terbukti mempengaruhi ketidaksetabilan atau naik dan turunnya tingkat keasaman (pH) air tersebut antara lain disebabkan oleh air hujan.

Air hujan yang masukke dalam kolam memanglah bakal membuat tingkat keasaman kolam ikan menjadi tidak normal. Sehingga tidak heran bila ketidak sesuaian pH ini menyebabkan ikan lele menggantung.

Sehingga ini menjadi PR para peternak lele, untuk senantiasa mengecek dengan cara teratur keadaan pH pada kolam ikan lele. Sebab, dengan sedemikian itu sebagai tahap prediksi pada ikan lele biar tidak menggantung.

  1. Kadar Pemberian Pakan Tidak Sesuai

Apakah lele menggantung barangkali disebabkan karena ikan lele telah makan sampai kenyang? Ya mungkin saja bisa terjadi.

Fenomena ini dikarenakan pemberian pakan ikan yang sangat melampaui batas, alhasil ikan lele akan susah beraktivitas (namanya juga sedang kenyang).

Akhirnya ikan lele ini menggunakan posisi menggantung buat relaksasi tubuhnya yang sehabis makan banyak. Sehingga cara mengobati ikan lele yang menggantung, ya jangan malah mengganggu, biarkan ikan relax.

Tidak cuma itu saja, kandungan pakan yang lewat batas serta tidak disesuaikan ataupun tidak menaksir kebutuhan ikan lele akan berubah menjadi mimpi buruk.

Terlebih khususnya bila Anda memakai pakan organik, pasti banyak sebab yang menjadikan ikan lele tidak bernafsu untuk menghabiskan pakannya.

Sebab, pakan organik yang tidak termakan ikan lele, akhirnya mengendap ke dasar kolam. Hal ini akan menyebabkan air kolam menjadi kotor.

Materi-materi organik yang bersumber dari pakan inilah yang mengakibatkan keadaan kolam terus menjadi kotor serta tidak kondisional.

Sehingga Anda sebagai peternak lele memerlukan kalkulasi pakan dengan kandungan pemberian yang sesuai. Supaya tidak menyebabkan situasi air kolam terus menjadi jelek dan menjadikan air tersebut turun kualitasnya.

  1. Ikan lele stress

ciri ciri lele stres

Tak hanya manusia, kondisi stress juga dapat terjadi pada ikan lele. Sebenarnya, masalah ini menyambung dengan situasi air kolam yang tidak mendukung.

Karena kondisi air yang jelek telah terbukti menyebabkan ikan lele menjadi terlihat ciri-ciri lele stres. Dan ini tidak cuma pernah kejadian pada ikan lele kolam pembesaran saja, bahkan pada benih ikan lele juga pernah kejadian seperti ini.

Diketahui, benih ikan lele yang stress pada akhirnya bakal menggantung. Perihal ini diakibatkan karena masa adaptasi dari benih ikan lele.

Ikan-ikan kecil yang sedang menyesuaikan diri dikala ditebar di kolam pelebaran ini mengambang untuk beradaptasi.

Selain kondisi air yang buruk atau keruh, ternyata tingkat suhu udara di sekitar kolam juga ikut mempengaruhi keadaan lele menggantung.

Karena itu, seorang peternak lele seharusnya memiliki alat yang mampu mengukur kondisi udara di sekitar kolam. Supaya, ketika suhu udara sedang naik atau turun, Anda bisa melakukan langkah-langkah antisipasi yang diperlukan.

Solusi Cara Mengobati Ikan Lele yang Menggantung

Menanggulangi lele menggantung sudah pasti memerlukan pengetahuan teknis yang pas. Ini dilakukan supaya hal yang sama tidak terjadi lagi.

Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk menanggulangi ikan lele menggantung:

  1. Mengontrol Jumlah Pakan

penyebab lele menggantung

Kandungan pemberian pakan amat penting untuk kita kontrol atau kendalikan. Terlebih pengendalian ini adalah buat ikan lele yang kita semua tahu bahwa ikan ini mempunyai nilai ekonomi lumayan mahal.

Jadi, dalam menyebar pakan ikan lele di kolamnya, Anda wajib memberikan pakan dengan komposisi vitamin ikan lele yang diperlukan. Misalnya seperti ini:

  • Lemak 4, 8%
  • Air 76%
  • Mineral 1, 2%
  • Sisanya 17, 7%

Ingat, beda jenis ikan lele, mungkin berbeda kebutuhannya. Sebagai peternak lele, Anda perlu benar-benar mengenali ikan lele yang Anda pelihara.

Jika memungkinkan, Anda bisa membeli buku-buku tentang peternakan untuk memperkaya pandangan Anda mengenai ikan lele.

  1. Mengganti air kolam ikan

Masalah lele menggantung memang terjadi karena beberapa sebab. Pada poin di atas dijelaskan bagaimana ‘menyembuhkan’ lele menggantung ini jika masalahnya ada pada porsi makan yang tidak sesuai.

Namun bagaimana jika masalahnya adalah air yang tidak sesuai? Solusinya mudah saja. Anda bisa mengganti air kolam dengan air baru, seluruhnya atau sebagian saja.

Jika Anda ingin mengganti air secara keseluruhan, itu lebih baik. Namun jika Anda tidak bisa mengganti airnya secara keseluruhan, maka cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan mengganti air sebagian saja.

Caranya dengan membuka katup air, biarkan air keluar dengan deras. Lakukan hal ini sampai permukaan air di kolam turun sekitar 15-an cm.

Setelah itu, Anda bisa menambahkan air baru atau air bersih sampai ketinggian normal.

Setelah semuanya selesai, jangan memberi ikan lele dalam jumlah normal. Namun kurangilah separo. Kita tes dulu. Jika ikan lele makan dengan lahap, selamat!

Masalah ikan lele upacara Anda telah terselesaikan. Inilah obat lele menggantung alami yang mudah dilaksanakan.

Kesimpulan 

Ikan lele menggantung, meski mengganggu, namun sebenarnya bukan masalah besar. Gunakan beberapa poin di atas untuk menyelesaikan masalah ini. Simak terus situs referesni dunia binatang dan hewan ya.

Leave a Comment