Inilah Cara Merawat Bayi Kelinci Agar Tidak Mudah Mati

Cara merawat bayi kelinci agar tidak mati – Dikala kelinci yang saat ini Anda budidayakan sudah melahirkan anak-anaknya. Maka yang pertama mesti Anda lakukan adalah menjaga si induk dan anaknya dengan seksama supaya senantiasa 100% sehat & tidak mati.

Tetapi sayangnya, tidak seluruh peternak kelinci yang masih newbie (masih baru) mengerti benar apa saja yang perlu dilakukan untuk memelihara bayi kelinci yang bagus serta benar. Hasilnya, mereka menghadapi kerugian dalam usahanya.

Metode Menjaga Anak Kelinci Terkini Lahir Secara Baik & Benar

Perlu kita ketahui bersama jikalau masalah menjaga anak kelinci yang baru lahir ternyata tidak semudah menjaga kelinci yang dewasa.

Terlebih sisi psikologis induk kelinci itu bertolak belakang dengan induk hewan yang lain. Umumnya induk kelinci yang baru saja melahirkan langsung lekas pergi dari sarangnya & meninggalkan para bayinya buat mencari makan begitu saja.

Alhasil bayinya ditinggal seperti itu saja di dalam kandang tanpa induknya, perihal inilah yang nantinya bakal membunuh buah hatinya. Karena tak lama lagi setelah bayi itu lahir akan ada serbuan predator- predator semacam tikus ataupun musang.

anak kelinci baru lahir

Tidak hanya fenomena seperti itu. Namun masih banyak lagi kasus- kasus lain yang lazim dirasakan oleh para peternak kelinci.

Misalnya induk kelinci stress serta kelaparan malahan akhirnya makan buah hatinya sendiri (atau kanibalisme), atau pernah juga indukan kelinci terkena tekanan pikiran / stress jadi tidak ingin menyusui bayinya, serta sedang banyak lagi contoh- contoh yang lain.

Intinya, menjaga anak kelinci itu memanglah memerlukan perhatian ekstra dari kita si owner kelinci. karena itulah kali ini akan kami jabarkan bagaimana cara merawat bayi kelinci agar tidak mati. Selamat menyimak!

Baca juga  Waspadai 6 Hal Penyebab Kelinci Mencret!

Metode Menjaga Anak Kelinci Baru Lahir

Sesungguhnya menjaga anak kelinci yang terkini lahir itu gampang serta tidak susah, yang berarti kamu wajib mencermati dengan betul langkah- langkah di dasar ini:

cara merawat anak kelinci yang baru lahir

  1. Mencermati Situasi Induk Kelinci

Hal awal yang wajib Anda lakukan sebagai peternak kelinci ialah melindungi induknya, janganlah sampai sang induk kelaparan ataupun stress karena kemudian ia dapat memakan buah hatinya sendiri / kanibalisme. Serta janganlah pula anda memegang anakan nya dengan tangan.

Sebab terkadang sebagian kelinci ada yang tidak dingin menyusui buah hatinya yang habis dipegang oleh orang lain. Ini terjadi bisa jadi sebab penciumannya yang runcing. Oleh karenanya bau tangan kita menempel di badan anak kelinci.

Lalu bagaimana bila induk mati ataupun tidak ingin menyusui buah hatinya?

Bila hal ini benar- benar terjadi, maka Anda wajib untuk sediakan susu instan (merk SGM ataupun Bebelove) susu itu akan dipakai atau diminumkan buat bayi kelinci umur 0- 6 bulan.

Pemberian susu resep ini memakai sedotan khusus binatang yang dapat Anda beli di gerai binatang / pet shop terdekat. Serta buat durasi pemberiannya dapat dicoba tiap 2 jam sekali, tetapi kalau telah berumur 2 pekan, Anda dapat memberi mereka makan selama 3 jam sekali.

Di umur 1 bulan sang bayi kelinci mulai berlatih makan. Serta di umur 1.5 bulan (atau 45 hari) sang anak biasanya telah sanggup menyantap rumput serta sayur- mayur yang masih segar.

  1. Cermati Kondisi Cuaca serta Hawa di saat Kelahiran bayi Kelinci

cara merawat bayi kelinci agar tidak mati

Tahukah Kamu jika bayi kelinci yang barusan lahir belum mempunyai bulu yang banyak. Oleh karena itu mereka amat rentan kepada pergantian cuaca serta suhu udara.

Karenanya Anda wajib menyediakan tempat yang aman, & memastikan kelembaban hawa serta temperatur ruangan senantiasa normal. Jauhi temperatur yang sangat panas pada kandang kelinci. Sebab hal tersebut bisa membahayakan mereka.

  1. Kontrol Sehabis Induk Melahirkan

Tahap ketiga dalam menjaga anakan kelinci yang barusan lahir ialah dengan mengecek anak kelinci dengan penuh totalitas & giat. Biasanya pengecekan anak kelinci dicoba sehabis 2 hari dari kelahirannya. Yang wajib Anda amati termasuk situasi bayinya, apakah si bayi lahir dalam kondisi segar, mati ataupun cacat.

Baca juga  Bagaimana Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci?

Bila Anda mendapati terdapat anak kelinci yang mati sebaiknya lekas dipisahkan lalu dikubur, biar tidak meningkatkan penyakit pada anakan kelinci yang lain.

  1. Melindungi Bayi Kelinci dari Predator

Seperti yang telah kami kemukakan diatas jikalau indukan kelinci ternyata kurang bagus dalam perihal memelihara anaknya sendiri. Sehingga, mereka memerlukan penjagaan ekstra dari pemiliknya (maksudnya kita).

Misalnya melindungi dari serbuan pemangsa serta hewan- hewan kecil. Karena anak kelinci terkini lahir yang umurnya sedang 9- 10 hari, mereka belum mempunyai bulu sehingga rentan terhadap serangan binatang kecil yang bisa membuatnya gatal serta terluka.

  1. Melindungi Keselamatan Anak Kelinci yang Baru Lahir

Penanganan kelinci baru lahir selanjutnya ialah memastikan bahwa kelinci yang baru saja lahir telah benar- benar aman.

Tidak hanya induknya, pemilik kelinci butuh melindungi kondisi sekitar kandang supaya sang bayi senantiasa dalam keadaan sehat serta aman. Ini karena kelinci kecil baru lahir membutuhkan perlakuan eksklusif yang sama sekali lain dengan kelinci berumur. Bayi kelinci mempunyai imun badan yang amat terbatas serta rentan kepada penyakit.

  1. Tips lain untuk merawat bayi kelinci agar tidak matiĀ 

Yakinkan kandang pemeliharaan bayi kelinci posisinya jauh dari cahaya panas mentari siang. Tetapi usahakan mereka senantiasa bisa ‘mandi’ panas dari mentari pagi.

Tidak hanya itu perputaran hawa dari kandang kelinci juga harus Anda jaga dengan baik. Supaya ruangannya tidak sempit serta lembab. Karena ini membuat tumbuhnya virus serta jamur yang dapat mengusik kesehatan anakan kelinci.

Jangan sampai kotoran kelinci mengendap lama di kandang, misalkan telah kira- kira banyak, ada baiknya langsung dibersihkan. Ataupun Anda bisa membentuk kandang kelinci dengan bentuk sedemikian rupa sehingga kotorannya dapat langsung dibuang dengan gampang.

Baca juga  Waspadai 6 Hal Penyebab Kelinci Mencret!

Nah seperti itu sebagian hal yang butuh dicermati pemilik anak kelinci baru lahir. Oiya, janganlah lupa keperluan pakan induk kelinci wajib cukup, supaya tidak jadi kanibal atau memakan anak anaknya sendiri.

Tambahan: Bagaimana Menjaga Anakan Kelinci Bila Induknya Tidak Ingin Menyusui?

kelinci baru lahir

Tidak sedikit peternak kelinci yang hadapi permasalahan tentang indukan kelinci yang tdk may menyusui bayi nya yang baru lahir.

Bila ini sampai kejadian, ini akan menjadi PR berat untuk pemiliknya. Untuk menanggulanginya diperlukan pembahasan yang panjang dan detail. Mungkin kita akan bahas ini di lain waktu.

Kesimpulan

Cara merawat bayi kelinci agar tidak mati memang tricky (penuh trik). Ini disebabkan karena kelinci mempunyai tindak- tanduk yang berbeda dengan hewan lain. Mulai dari induknya yang meninggalkan bayinya setelah melahirkan, melakukan kanibalisme sampai menolak menyusui.

Karena itulah Anda sebagai pemilik atau peternak kelinci mesti menjalankan beberapa tips di atas supaya kelinci Anda makin sehat, makin berkembang dan jika Anda menjalankan bisnis, maka bisnis Anda juga semakin baik.

Demikian artikel dari kami, terimakasih sudah membaca. Silahkan nikmati sajian situs panduan merawat hewan pemeliharaan ini di artikel yang lain.

Leave a Comment