Berikut Ini Ciri-ciri Ayam Bangkok Mangon yang Mesti Anda Ketahui

Bicara masalah ciri-ciri ayam bangkok mangon, tentu para penggemar ayam seperti Anda bisa jadi sudah tidak asing lagi dengan tipe ayam satu ini. Sebab, ayam mangon sendiri lumayan populer diantara para peminat perternakan ayam.

Ayam mangon ialah tipe ayam yang dihasilkan dari pernikahan silang dari ayam pama serta ayam saigon. Peminat dari ayam tipe ini ternyata lumayan besar. Tipe ini kerap pula disebut dengan ayam hoki. Mengapa? Karena ayam bangkok mangon terkenal dengan kemampuannya dalam bertanding yang lumayan wah!

Artikel kali ini bakal menolong Anda buat memahami sejarah dan seluk beluk mengenai binatang jenis unggas ini. Semoga artikel ini bisa mendatangkan inspirasi sebelum Anda mengambil keputusan buat membeli, agar tidak salah pilih.

Berbagai Karakteristik Ayam Mangon

ayam magon

Sebelum mengulas mengenai ayam mangon lebih jauh, sebenarnya Anda butuh memahami terlebih dulu seperti apa ‘jati diri’ dari ayam ini. Supaya di hari esok, Anda bisa mudah jika bertujuan untuk mengidentifikasi ayam itu, serta untuk membedakannya dari ayam lain. Sebagian karakteristik yang bisa Anda cermati antara lain:

  1. Yang Khas dari Ayam mangon

Ciri paling khas yang terlihat Ayam mangon ini ialah bulunya yang rimbun serta umum bulu nya yang hitam warnanya. Dengan demikian, warna bulu ayam mangon secara keseluruhan terlihat sedikit kurang menarik dibanding dengan ayam yang lain. Warna pada badan ayam ini umumnya bermacam-macam dari coklat, gelap, kelabu, merah, dan lain-lain.

  1. Ayam mangon Super Istimewa

Sesuai namanya, istimewa. Ayam mangon jenis istimewa ini memiliki harga jual yang cukup menggiurkan 1– 2 hingga 5 juta.Punya warna kuku gelap, bahkan ada juga yang warna kukunya hitam. Warna kaki tidak cerah dan condong rada buram. Pendeknya, ciri-ciri Ayam mangon super istimewa ini bisa sedikit banyak disamakan dengan semacam ayam kampung pada umumnya.

  1. Ayam mangon Import

Pada tipe ayam ini, karakteristik yang dipunyai tidak begitu berlainan dengan tipe yang yang lain. Perbandingan terdapat pada asalnya.

  1. Ayam mangon Original

Tipe ini ialah ayam mangon yang hasil persilangan langsung dari ayam pama serta sangon. Tipe ini masih belum disilangkan lagi dengan ras yang lain.

  1. Ayam mangon Ori Thailand

jenis ayam magon

Tipe ayam mangon ori thailand umumnya senang berlarian mengelilingi tempat kompetisi. Kebiasaanya berlarian ini ialah salah satu siasat yang ayam ini manfaatkan buat mengelabui lawannya. Ayam mangon Ori Thailand sengaja membuat ayam yang lain letih terlebih dulu, dan barulah menyerang pada saat terdapat peluang. Warna bulu ayam ini agak ke hitam-hitaman.

  1. Ayam mangon Betina

Pada ayam mangon betina ini, umumnya mempunyai jari kaki yang lembut dan bulu tubuh yang lumayan mengkilap. Ayam mangon betina ini mempunyai kepala yang bentuknya menyamai ular. Cakar di kaki nya terlihat tajam serta halus. Tidak hanya itu, bulu yang dipunyai ayam mangon betina memiliki corak yang menarik serta mengkilap jika terkena cahaya.

  1. Warna Telur

Dan layaknya ayam pada biasanya, ayam mangon betina pula bisa bertelur. Masalah telur, tak ada perbedaan mencolok pada telur ayam mangon, karena sama saja pada telur ayam biasanya. Telur dari ayam mangon mempunyai warna telur rada-rada kecoklatan. Warnanya lebih muda dibanding dengan telur kepunyaan ayam petelur biasanya. Namun secara kasat mata terlihat sama, susah dibedakan. Dari dimensi telur juga sedikit perbedaannya dengan telur ayam biasa. Hanya saja si telur ayam mangon ini lebih terlihat lonjong.

Baca juga  Inilah Perbedaan Ayam Bangkok dan Ayam Jawa yang Perlu Anda Ketahui

Apa saja Karakteristik Ayam mangon yang Bagus?

ayam mangon ori

Dalam memilah ayam mangon yang baik, Anda butuh mencermati sebagian ciri-ciri yang ada pada fisik ayam. Pada induk jantan, hendaknya pilih ayam dengan wujud kepala menyamai buah pinang. Serta jika Ia posisi berdiri, maka pilih yang tegak dan tubuh perkasa. Pilih juga yang memiliki paruh membengkok semacam punya burung elang dan mempunyai sayap yang kokoh serta rapat dengan tubuh.

Tidak hanya itu, tingkat kualitasnya bisa diamati dari warna bulu mengkilap, jemari kaki lembut serta cakar yang tajam panjang, serta kakinya kuat. Sementara itu, dalam memilah ayam mangon benih betina, Anda wajib mencermati wujud kepala yang sedikit mirip dengan kepala ular, warna bulu mengkilap, ayam tidak pernah terkena penyakit, memiliki taji, serta jarinya lembut & tajam.

Keunggulan dari Ayam Mangon

Dalam berkelahi, ayam mangon menang dalam segi kepintaran. Bahkan dalam kondisi yang amat mendesak sekalipun, dia sangat mampu membalikkan kondisi kemudain menyerang balik. Ayam mangon mempunyai tulang yang amat kokoh serta kaki yang lumayan kuat.

Tidak hanya itu, ayam mangon terkenal dengan gerakannya yang begitu lincah serta fleksibel dalam pergerakannya. Ciri ini yang juga dipengaruhi oleh situasi fisiknya yang lumayan besar. Ayam mangon ini, kalau menghantam musuh akan membuat musuh terkapar. Lebih-lebih jika Ia menyerang pada kepala dan leher.

Keunggulan Ayam Mangon vs Bangkok

Baik ayam mangon ataupun bangkok mempunyai keunggulannya dalam hal berkelahi/bertarung. Buat ayam mangon, semacam yang telah dituturkan di atas, dia mempunyai kecepatan yang bagus dan pukulannya ditaksir keras serta lumayan pas target atau jarang luput.

Sedangkan ayam bangkok mempunyai metode dalam berkelahi yang lumayan beraneka ragam. dia lumayan kokoh dalam hantaman serta bila diperlukan, dia bisa beradu jalu.

Baca juga  Cara Menggemukan Badan Ayam Bangkok yang Kurus dengan Cepat

Bagaimana Metode Menjaga Ayam Mangon Agar Tetap Sehat?

ayam mangon

Dalam melatih ayam, ada 3 pokok penting yang wajib Anda dicermati dengan hati-hati, supaya Ayam Anda lebih sehat dan performanya  lebih baik. Ketiga hal tersebut ialah: apa yang mereka makan, teknik membersihkan, serta juga teknik melatih ayam mangon.

  1. Santapan Ayam mangon

Dalam membagikan pakan, Anda wajib mencermati umur ayam sebab ayam pada umur 3 bulan mempunyai tipe serta komposisi santapan yang berlainan dengan ayam umur 6 bulan. Sebagian tipe santapan yang bagus buat ayam tipe ini merupakan butir padi, keong mas, cacing tanah, jagung, beras merah, serta ketela pohon.

  1. Teknik Memandikan

Salah satu usaha buat memelihara kesehatan ayam ialah dengan teknik memandikannya. Buat durasi mandi, lebih bagus dicoba 2 kali dalam sepekan. Dalam membersihkan, Anda cukup memakai handuk ataupun kain bersih yang dibasahi setelah itu lap semua tubuh ayam sampai bersih.

  1. Teknik Melatih

Dalam melatih ayam mangon, ada 4 tipe latihan yang bisa dipakai. mula- mula, yakni latihan buat bagian leher sebab memiliki peran berarti kala bertanding. Latihan yang diberikan buat leher ayam bisa dicoba semenjak mereka sedang dalam umur yang belia supaya kokoh serta kuat hantaman. Kamu bisa memberikan pijatan pada leher ayam dengan lama- lama dikala membersihkan.

Kedua, pada bagian kaki. Anda bisa melatih daya kaki dengan metode menggantungkan ayam sepanjang satu sampai 2 menit memakai ikatan. Perihal ini bermaksud buat melatih daya kaki supaya bisa menyerang dengan sambaran yang kokoh.

Ketiga, pada bagian sayap. Latihan ini bisa dicoba dengan metode melepaskan ayam ke udara dalam ketinggian yang masih lumrah. Latihan ini berperan buat melatih kecekatan ayam dikala bertanding. Agar tidak kurus, ada triknya juga. Coba baca cara menggemukan badan ayam bangkok yang kurus dengan cepat disitu dijelaskan lebih lengkap.

Baca juga  Inilah Perbedaan Ayam Bangkok dan Ayam Jawa yang Perlu Anda Ketahui

 

Terakhir yang tidak kalah penting merupakan memberikan training psikologis. Aktivitas ini bisa dicoba dengan metode bimbingan adu dengan ayam yang lain. Perihal ini berperan buat menyiapkan psikologis ayam kala bertanding.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ciri ciri ayam bangkok mangon yang perlu Anda ketahui sebagai peternak ataupun sekedar penghobi. Dengan memperhatikan poin-poin di atas, Anda akan mampu membesarkan ayam mangon yang sehat dan berkualitas.

Tulisan ini murni untuk pengetahuan ternak dan investasi, kami tidak bertanggungjawab untuk segala jenis adu ayam apalagi yang pakai uang, kami berlepas diri dari niat pembaca kalau sampai ke tahap yang lebih jelek lagi. Terimakasih sudah membaca tulisan kami dan silahkan ikuti artikel kami yang lain, yang pastinya menarik untuk Anda!

Leave a Comment