Simak 7 Tips ini, Sebelum Membeli Indukan Ayam Bangkok yang Bagus!

Indukan Ayam bangkok Yang Bagus – Pada dasarnya ayam merupakan unggas yang memang berkembang biaknya lewat cara bertelur.

Ayam akan mengalami tumbuh-kembang mulai dari telur hingga menetas jadi anakan ayam. Kemudian dari anakan ayam selanjutnya tumbuh berkembang menjadi ayam dewasa.

Ayam dewasa yang siap mengeluarkan telur ini selanjutnya berkembang menjadi induk ayam. Informasi bagaimana ayam berkembangbiak memang bukan hal baru.

Tapi, jika Anda ingin beternak ayam bangkok misalnya, maka Anda membutuhkan tips berikut ini!

7 tips Membeli Indukan Ayam Bangkok Jantan dan Betina yang Bagus! 

induk ayam bangkok

Apa saja tipsnya sebelum Anda membeli Indukan Ayam Bangkok jantan dan betina yang bagus?

Saat Anda memutuskan untuk mengembangbiakkan ayam bangkok, tak salah bila Anda memilih indukan ayam bangkok jantan dan betina berkualitas bagus atau super! Tujuannya, untuk mendapatkan hasil keturunan terbaik.

Ciri-ciri indukan ayam bangkok kualitas tinggi diantaranya, pertarungan hebat, bukan ayam sakit-sakitan, dan punya ciri tertentu yang khas.

Ada beragam tips yang bisa Anda simak sebelum Anda membeli indukan ayam bangkok Jantan dan betina kualitas super. Simak 7 tips membeli indukan ayam bangkok yang bagus berikut ini

  1. Perhatikan kontur atau bentuk kepala

Anda sebaiknya, membeli ayam betina dengan kontur kepala seperti ular. Untuk memastikannya, Anda harus mengamati bentuk kontur kepala seperti ular ini dari sisi depan.

Selain itu, perhatikan juga bentuk kepala pada ayam jantannya! Belilah ayam jantan yang bentuk kepalanya seperti buah pinang.

Bila Anda memilih indukan ayam bangkok sesuai rekomendasi, Anda akan melihat sendiri hasilnya. Yakni pada saat dikawinkan, antara indukan jantan dan betina super, maka hasilnya anakan ayam dengan karakter pergerakan gesit-lah yang Anda dapatkan!

  1. Karakter Mata menjorok ke dalam 

Jatuhkan pilihan Anda pada ayam bangkok betina dengan karakter mata menjorok ke dalam. Sebab, ayam dengan karakter mata khas ini ditandai sebagai ayam betina super. Terbukti induk ayam tersebut dapat mengurus anaknya secara intens hingga tumbuh menjadi ayam dewasa.

Baca juga  Cara Menggemukan Badan Ayam Bangkok yang Kurus dengan Cepat

Apalagi, menurut hasil pengamatan, pengeraman oleh ayam bermata cekung memiliki tingkat keberhasilan di atas rata-rata.

Untuk memastikan ayam bangkok betina tidak penyakitan, perhatikan kebersihan matanya. Jika bersih, artinya ayam tersebut sehat tidak sakit-sakitan!

  1. Perhatikan bentuk tubuh ayam

Pada kategori induk betina, disarankan memilih yang bentuknya bulat panjang seperti botol. Tipsnya, Anda hanya perlu mengecek bagian dada juga perut ayam dari bawah dan mengangkatnya.

Bila Anda merasa nyaman saat mengangkatnya (beratnya tidak terlalu ringan atau terlalu berat), artinya ayam betina tersebut tergolong indukan yang bagus.

Kemudian,untuk indukan ayam jantan, tipsnya adalah sebagai berikut. Pilihlah  indukan ayam jantan dengan bentuk menyerupai botol atau wadah air mineral. Secara keseluruhan, kontur tubuhnya terlihat atletis, kokoh, kuat dan juga mampu berdiri tegap.

  1. Perhatikan bagian kaki

indukan ayam bangkok yang bagus

Kekuatan kaki merupakan bagian yang perlu diperhatikan oleh para peternak yang mengembangbiakkan ayam petarung.

Anda sebaiknya memastikan bahwa kakinya bersisik kering dengan jari – jari yang panjang. Selain itu, kuncinya selain kaki yang bersisik dan kering, tapi juga harus bersih dan mulus.

  1. Perhatikan tulang sapit

Kunci sukses membeli Indukan Ayam Bangkok agar tidak kecewa selanjutnya, amatilah tulang sampit di bagian bawah pangkal ekor indukan ayam bangkok betina. Sebagai tanda, kelak dapat menetaskan telur-telur ayam yang menjadi anakan ayam super.

Sedangkan pada ayam jantan, tulang sapit harus mempunyai lebar berukuran 3 – 4 jari serta punya tulang sapit udang.

Anda mesti tahu perbedaan ayam bangkok dan ayam jawa sehingga Anda mudah untuk mengerti cara membuat peranakan istimewa dari babon betina ayam bangkok.

  1. Perhatikan Bulu ayam

Bulu ayam menjadi penanda tingkat kesehatan unggas peliharaan seperti ayam bangkok. Untuk itu sebaiknya Anda berhati-hati!

Baca juga  Berikut Ini Ciri-ciri Ayam Bangkok Mangon yang Mesti Anda Ketahui

Telitilah bulu ayam betina sebelum membeli! Pilihlah indukan ayam bangkok betina yang bulunya bersih mengkilat. Bukti bahwa indukan ayam bangkok betina punya ciri fisik dengan ketahanan yang bagus. Selanjutnya untuk ayam jantan, karakter bulunya pun sama! Sesuai pengamatan yang teruji, agar termasuk kategori unggas yang sehat, syaratnya harus memiliki bulu yang mengkilap dan rapi.

  1. Punya jalu

Cakar ayam bagian belakang atau jalu, bisa jadi ciri pilihan  yang bisa Anda pilih sesuai selera. Tergantung Anda ingin membeli indukan ayam bangkok betina yang memiliki jalu atau tidak. Meski ada baiknya Anda memilih yang sudah bertaji atau jalu.

Begitulah tips membeli indukan ayam yang bagus! Jangan lupa Anda pastikan asal-usul ayamnya! Tidak disarankan menggunakan betina hasil persilangan antara betina non-superior dengan jantan seksualitas. Untuk menghindari hasil persilangan yang kualitasnya di bawah rata-rata.

Begitu pula ayam jantannya, ayam petarung juara bisa menjadi pilihan Anda! Ciri khas ayam jantan tersebut berupa, tulang leher rapat dan kuat, dengan tulang kepala yang tebal serta keras dan bulu alis menonjol lebih ke arah depan.

Nah, selain itu apakah Anda juga tahu? Bahwa selain ciri fisik di atas, jika Anda ingin memelihara ayam, Anda juga harus memperhatikan soal pertumbuhan ayamnya? Kalau belum, kita simak bersama penjelasan berikut ini, yuk!

Berbagai hal yang Menentukan Pertumbuhan Ayam? Apa saja?

babon bangkok yang bagus

Ada dua hal yang menentukan hasil tumbuh kembang ayam, yakni tumbuh kembang yang dipengaruhi dari sisi internal dan dari sisi eksternal.

Secara internal ada berbagai hal di dalam ayam itu sendiri yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang ayam. Misalnya seperti gen dan hormon pada ayam.

Baca juga  Inilah Perbedaan Ayam Bangkok dan Ayam Jawa yang Perlu Anda Ketahui

Selanjutnya, secara eksternal ada berbagai hal dari luar yang mempengaruhi tumbuh kembang ayam.

Seperti asupan makanan yang menjadi pakan ayam. Pakan ayam termasuk salah satu yang memberi pengaruh pada pertumbuhan ayam. Jika ayam diberikan makanan yang baik dan bergizi tentunya ayam akan tumbuh sehat.

Sayangnya, apabila Anda lalai memperhatikan kualitas asupan makanan pada ayam, sangat mungkin ayam sakit-sakitan dan tubuhnya pun kurus.

Hal lain nya selain makanan ada juga faktor lain yang mempengaruhi, yaitu penyakit.

Ya, penyakit bisa menyerang ayam. Sama seperti Anda. Serangan penyakit pada ayam biasanya berasal dari bakteri, virus, dan lain-lain.

Saat ayam terkena penyakit, maka pertumbuhan ayam bisa mengalami gangguan atau bermasalah.

Tak heran, untuk menghindari serangan penyakit pada ayam, Anda harus memperhatikan cara merawat dan memelihara ayam! Sebelum membeli indukan ayam bangkok yang bagus, Anda perlu tahu teknit merawatnya.

Terutama saat ayam mulai menetaskan telur dan menghasilkan anakan ayam. Hindari stress pada anak ayam yang disebabkan habitatnya berubah.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu memperhatikan ketentuan berikut ini:

Pertama

Sediakan kandang ayam yang sesuai standar. Artinya, kandang tersebut harus menyediakan tempat makan dan tempat minum yang mudah dijangkau ayam, penampungan kotoran, termasuk menjaga suhu dan kebersihan kandang. Ayam membutuhkan asupan makanan seperti beras dan jagung setiap harinya.

Kedua

Pastikan kandang ayam berada di tempat yang terjaga dari berbagai ancaman hewan buas, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Demikianlah, tips membeli indukan ayam bangkok yang bagus, serta beragam hal yang harus diperhatikan saat memelihara dan merawat ayam! Semoga ada banyak manfaat yang bisa Anda gunakan!

Leave a Comment