Ragam Manfaat Beras Merah untuk Ayam Bangkok!

Anda pecinta ayam bangkok atau hobi beternak ayam kontes? Bila Anda memelihara ayam kontes, pertama yang harus diperhatikan adalah masalah pakan. Karena perkembangan fisik ayam tergantung pada pakan dan caranya memberi makan. Artikel ini akan fokus pada manfaat beras merah untuk ayam bangkok.

Kandungan seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, juga mineral, menjadi syarat utama pakan ayam yang bernutrisi.

Tentu Anda tahu, memilih pakan ternak ternyata tidak bisa asal. Demi kesehatan dan pertumbuhan ayam yang Anda pelihara, sebaiknya hindari pakan ternak berbahan pengawet. Pilihlah pakan ternak organik lagi aman!

Selain pakan, faktor induk ayam juga pengaruh lo. Simak artikel kami tentang tips memilih indukan ayam bangkok yang bagus, tips ini relatif cukup efektif keberhasilannya.

Seperti beras merah! Ada banyak kebaikan dalam beras merah yang dapat diambil manfaatnya. Apa saja? ikuti uraian berikut!

8 Kebaikan Manfaat Beras Merah untuk Ayam Bangkok

Faktanya, Beras merah termasuk makanan pembesar ayam bangkok yang teruji dan mulai dikenali kebaikan manfaatnya. Banyak pecinta ayam bangkok mulai memilih menggunakan pakan beras merah. Mengapa? Sebab, di dalam beras merah terdapat 8 kebaikan manfaat beras merah untuk ayam bangkok:

  1. serat,
  2. vitamin B,
  3. zinc,
  4. zat besi,
  5. mangan,
  6. selenium,
  7. magnesium dan juga
  8. antioxidants.

Yang perlu Anda ingat, sebaiknya perhatikan takaran beras merah untuk ayam aduan.  Tipsnya antara lain, berikan beras merah sebagai asupan makanan dengan ketentuan:

  • Berikan beras merah setiap satu kali sehari
  • Lalu, berikan pula beras merah saat Sore atau pagi hari
  • Pemberiaan dengan takaran satu genggam tangan beras merah
  • Sajikan dalam bentuk tekstur masih kering
  • Beri asupan tambahan seperti obat cacing, sayuran dan buah-buahan
  • Menjaga pakan dari pencemaran atau menutupi sisa pakan agar terlindung dari hama saat malam hari. Bila Anda lupa tidak menutupi pakan, maka hewan lain seperti serangga dan tikus,tertarik dan mencemari pakan ayam Anda.
  • Sebagai catatan tidak menjadikan beras merah sebagai pakan pokok ayam.
  • Jangan lupa perhatikan perkembangannya setelah satu bulan.
  • Perhatikan kesehatan sistem pencernaan ayam. Mulai dari mulut, tenggorokan, usus, serta anus ayam.

Penyakit Pada Ayam Terkait dengan Pakan

manfaat beras merah untuk ayam

Yang penting Anda ketahui juga, selain memberikan kebaikan, ternyata beras merah juga bisa beresiko memaparkan asam fitat atau gangguan penyerapan zat besi dan kalsium di dalam tubuh jika takaran asupannya berlebihan.

Sebab, tahukah Anda, beragam penyakit dapat menyerang ayam. Salah satu penyebabnya karena pemberian pakan yang tidak tepat. Penyakitnya disebut crop bound!

Gejalanya antara lain seperti tidak nafsu makan, kesulitan bernafas, lemas, tidak bisa menelan, hingga mengeluarkan lendir berbau tidak sedap dari mulut dan hidung.

Cara mencegahnya, kontrol pakan sesuai takaran, tepat waktu, dan jangan sampai terkontaminasi zat berbahaya atau menelan material berbahaya seperti kawat dan plastik.

Selain itu, ayam juga bisa terserang “sindrom hemoragik hati berlemak” disebabkan makanan berenergi tinggi.

Atau bahkan mengalami cedera pada jaringan usus sehingga ayam menderita penyakit “campylobacteriosis”. Tahukah Anda, penyakit campylobacteriosis merupakan infeksi penyebab diare! Akibat kontaminasi pada pakan dan air minum.

Nah, karena itulah Anda tak boleh sekedar memilih pakan yang tepat tapi mengabaikan cara menjaganya agar tidak terkontaminasi. Serta tidak memahami cara memberikan pakannya. Mulai dari jenis pakan, jumlah takaran atau porsinya, kapan harus diberikan, di usia ke berapa, hingga bagaimana menjaga kesehatan sistem pencernaan ayam. Anda juga harus mengamati perubahannya setelah mengkonsumsi pakan yang rutin Anda berikan.

Lalu, apa saja khasiat efek samping beras merah untuk ayam aduan atau ayam bangkok ini? Simak uraian berikut!

Khasiat Efek samping beras merah untuk ayam bangkok!

manfaat beras merah untuk ayam bangkok

Walaupun ayam menyantap bermacam tipe biji- bijian, sebagian besar pelaku industri peternakan ayam atau penghobi ternak ayam kerap  menyediakan pakan berbentuk beras ataupun jagung tergantung dari tipe ayamnya.

Nah, salah satu biji- bijian yang kerap dijadikan asupan pada ayam bangkok ataupun ayam kontes adalah beras merah. Bukan tanpa latar belakang, peternak memilih menyediakan pakan beras merah pada ayam bangkok.

Latar belakangnya, karena beras merah memiliki beragam kebaikan nutrisi dan zat yang diperlukan sebagai cara mendapatkan kemajuan pertumbuhan dan perkembangan fisik ayam. Keterangan lebih rinci, silahkan ikuti keterangan komplit di dasar ini.

  1. Membangun bentuk tubuh, tulang, dan otot pada Ayam Bangkok 

Ayam bangkok kontes yang menjadi impian setidaknya harus mempunyai badan yang baik serta sempurna.  Sayangnya, tak sedikit penghobi atau peternak ayam kontes keliru cara pemberian pakannya. Tak heran, bila hasilnya tidak sesuai harapan.

Sebaiknya Anda tahu, manfaat kebaikan nutrisi beras merah sesuai bila dijadikan campuran asupan pakan ayam dewasa. Yakni mulai usia 7 bulan atau saat selesainya tumbuh-kembang bulu ayam. Sebaliknya, berikan starter atau konsentrat untuk anak ayam.

Cara memberi pakan ini, terbukti menghasilkan tubuh Ayam aduan  atau ayam kontes menjadi lebih kuat, kekar, padat, dan berbobot. Pengaruhnya juga bisa dilihat pada kualitas tulang. Mulai dari bentuk, ketebalan, kekuatan dan panjang tulangnya. Kuncinya, ada pada teknik pemberian asupan yang disesuaikan antara jenis pakan, takaran, dan usianya. Jangan sampai lupa, Anda juga harus memperhatikan kadar protein dan mineralnya.

  1. Menjaga Ayam tetap Bertenaga 

Beras merah memiliki karbohidrat yang sebanding dengan jagung dan nasi yang bisa dijadikan layaknya santapan utama ayam. Pastinya dengan menggunakan pakan ayam bertenaga ayam menjadi lebih tahan banting serta tidak gampang letih. Tidak salah bila Anda mengandalkan beras merah sebagai pakannya atau campuran pakannya.

  1. Menjaga kesehatan Pencernaan Ayam

beras merah untuk ayam bangkok

Bila ayam mengalami gejala gampang terkena penyakit, mudah letih, lemah, serta lesu, ada baiknya Anda cek pencernaan ayam bangkok. Sebab, bila itu terjadi kemungkinan ayam tengah mengalami gangguan pencernaan. Untuk memulihkan kondisi, penuhi nutrisinya supaya ayam bangkok segar, sehat, dan bugar kembali. Nah, dengan takaran yang pas, beras merah ternyata efektif mengatasi gangguan pencernaan pada ayam bangkok.

  1. Merawat Bulu Ayam

Tidak sekedar bermanfaat untuk tulang dan otot, pemberian asupan beras merah ke ayam bangkok yang sudah berusia ternyata bermanfaat bagi kekuatan bulu ayam. Kebaikan nutrisi di dalam beras merah terbukti ampuh menjaga bulu ayam dari masalah kerontokan bulu. Jadi, selain pengaruh pada pertumbuhan bulu ayam, beras merah juga merawat dan menjaga bulu ayam dari kerontokan bulu.

  1. Menangkal Radikal bebas

Keistimewaan beras merah adalah memiliki kandungan antosianin. Sebagai pigmen, antosianin adalah lapisan luar yang menjadi asal warna merah pada beras merah. Antosianin ini termasuk dalam antioksidan yang kuat dan bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Hal ini juga disebabkan kulit ari beras merah punya kandungan seperti vitamin E, protein, lemak esensial, serta minyak alami.

Seperti yang Anda ketahui, radikal bebas diperangi karena menjadi penyebab utama munculnya peradangan dan kerusakan sel hingga menjadi kanker.

Kesimpulan

Demikian khasiat efek beras merah untuk ayam bangkok ataupun ayam kontes. Memanfaatkan beras merah sebagai pakan yang pas pada ayam bangkok ternyata tidak ada ruginya. Malah untung dan memberi banyak manfaat pada hewan peliharaan juga peternak!

Leave a Comment