Cara Ampuh Mengobati Kaki Kenari Bubulan!

Mengobati kaki kenari merupakan hal yang tidak susah. Anda termasuk penghobi burung kenari? Tentu Anda tak asing lagi dengan berbagai fakta tentang burung kenari bukan? Simak yuk tips mengobati kaki kenari bubulan dan jamuran di artikel ini.

Kenari termasuk burung sosial. Burung ini punya ciri warna-warni bulu yang indah dan cerah. Tak heran, burung kenari sangat menarik untuk dipelihara.

Kenari merupakan burung endemik dari Kepulauan Canary. Selain cantik kenari terkenal gampang dirawat. Sebab, mereka burung yang bisa mengerjakan beberapa tugasnya secara mandiri. Burung kenari gemar bermain air dan bertengger atau menghinggapi tongkat menyerupai dahan pohon yang Anda pasang di kandang.

Hanya saja, ada fakta yang perlu Anda waspadai. Burung kenari ternyata mudah terserang penyakit. Seperti penyakit bubulan di kaki kenari. Sebelum Anda mencari tahu bagaimana cara mengatasi kaki kenari bubulan, sebaiknya kenali dulu 5 penyebab kaki kenari bubulan berikut ini! Supaya Anda bisa mencegah sebelum terjadi!

Kenali 4 penyebab kaki kenari bubulan! 

kaki kenari bubulan

Kaki kenari yang terserang penyakit bubulan, secara fisik akan menimbulkan pemandangan yang tidak nyaman dilihat. Selain itu, burung kenari Anda yang biasanya aktif, tiba-tiba jadi malas berkicau.

Bahkan kenari hanya bergerak ke arah atas dan ke arah bawah, lalu secara intens sibuk mematuki kaki yang terserang bubulan. Biasa nya  kaki kenari mengalami gangguan bubulan, karena berbagai sebab, seperti:

  1. Serangan Nyamuk Dan Semut

Gangguan bubulan, jamuran atau bersisik pada kaki kenari, ternyata dapat disebabkan oleh serangan nyamuk atau semut yang menggigit kaki kenari. Dampaknya, burung kenari sering mengangkat kakinya hingga terjadi pembengkakan.

Simak beragam tips merawat hewan peliharaan di situs ini, beragam terapi pengobatan untuk binatang kecintaan Anda kami ulas terus. Jangan sampai lupa, Suttonyouth.org

  1. Tempat bertengger yang tercemar 

Jika, tempat bertengger yang terpasang di dalam kandang tercemari kotoran karena tidak rutin dibersihkan maka, hal tersebut akan berdampak pada kesehatan kaki kenari.

Baca juga  Nutrisi dan Khasiat Tulang Sotong untuk Kenari!

Kebanyakan para peternak atau penghobi burung ini menggunakan batang pohon asam sebagai pijakan burung. Pohon asam dipilih sebab terbukti kuat menahan bobot kenari dan permukaannya kasar. Sehingga cocok untuk menjadi tempat bertengger.

  1. Dasar Sangkar Kotor

Dasaran sangkar burung yang tidak pernah dibersihkan otomatis akan mengundang kuman bakteri, parasit dan virus. Dan parasit & virus inilah yang akan menjangkiti burung peliharaan kita dengan banyak penyakit. Salah satunya adalah kaki bubulan. Maka oleh sebab itu, lakukan upaya pembersihan pada sangkar sewaktu-waktu agar burung kenari anda tetap terlihat sehat, indah dan berkicau merdu.

  1. Terlalu Banyak Makan Makanan Yang Berkadar Serat Tinggi

Tidak semua makanan itu baik untuk burung kenari. Karena, kadang kala ketika kita memberi makan burung kenari dengan asupan pangan yang memiliki kandungan serat tinggi, hal tersebut juga bisa mendorong timbulnya kaki bubulan pada burung kenari.

Cara ampuh mengobati kaki kenari bubulan!

mengobati kaki kenari bubulan

Beberapa metode yang bisa Anda pakai buat memulihkan kaki kenari yang terkena Bubulan adalah sebagai berikut. Metode ini adalah cara konvensional yang telah turun temurun digunakan oleh para penggemar burung kenari. Jadi, cara ini sudah terbukti berhasil. Ini dia caranya:

  1. Menangkap Burung Kenari Yang Terkena Bubulan

Tahap awal yang wajib Anda lakukan, tentu saja ialah menangkap burung kenari yang kakinya terkena penyakit bubulan. Kemudian posisikan burung tersebut di kepalan tangan serta usap dengan perlahan. Usahakan si burung merasa nyaman di genggaman Anda. Usapan ini untuk menghindari burung kenari yang meronta.

  1. Bersihkan burung kenari dengan Air

Ketika burung kenari Anda telah merasa aman di tangan, langkah selanjutnya adalah dengan membilas bagian- bagian yang kotor di bagian kaki kenari bubulan dengan memakai air hangat. Kalau Anda mau, Anda bisa membersihkan kedua kakinya.

  1. Kelupas Kulit Kenari Yang terkena bubulan

Seusai Anda membasuh si burung kenari tersebut dengan air hangat, biasanya kulit kakinya yang terkena penyakit menjadi lunak. Tugas Anda selanjutnya adalah merobek atau mengupas kulit tersebut. Kelupas kakinya sedikit demi sedikit agar si burung tidak terlalu kesakitan sambil terus dibasuh dengan air hangat. Anda bisa menggunakan sarung tangan karet untuk mencegah agar tangan Anda tidak terkena infeksi.

  1. Maanfaatkan Obat Antiseptik untuk Mengobati Kaki Kenari Bubulan

Bila ketika Anda mengupas kulit burung kenari ini ternyata ada luka, terdapat baiknya Anda merendam kaki burung kenari tersebut ke dalam larutan pembasmi kuman (atau antibiotik) semacam Revanoll. Di mana Anda mendapatkan obat ini? Obat in banyak tersedia di apotek di sekitar Anda.

  1. Keringkan kaki yang berpenyakit dengan Kain ataupun Kapas

Seudai sesi mengupas kulit burung kenari selesai, setelah kaki burung kenari telah bersih, silahkan mengeringkan kaki. Anda bisa mengeringkan kaki kenari yang bubulan dengan memakai tisu ataupun kapas yang bersih. Anda mesti membersihkan kaki kenari tersebut sampai betul- betul kering.

  1. Maanfaatkan Salep Bio Clean serta Salep 88

Sehabis kakinya betul betul kering, oleskan kaki yang bubulan itu dengan menggunakan salep jamur atau salep Bio Clean yang telah teruji membasmi jamur. Anda juga bisa menambahkan salep 88, buat memperoleh hasil yang sempurna. Triknya adalah, Anda bisa membalurkan pada bagian- bagian kaki yang tadinya telah diberi Bio Clean. Jadi, Bio Clean + Salep 88 = Hasil sempurna!

  1. Maanfaatkan Minyak Tanah ataupun Minyak Tawon

Bila Anda tidak mendapati salep Bio Clean di sekitar Anda, jangan khawatir. Anda dapat memanfaatkan minyak tanah ataupun minyak tawon selaku pilihan penggantinya. triknya adalah, kedua minyak ini dibalurkan ke kaki kenari yang terkena bubulan serta di area sekelilingnya. Kemudian biarkan kakinya sesaat hingga minyak nya mengering.

  1. Mengobati Kaki Kenari Bubulan dengan Karantina Sepanjang 2 Hari

Setelah Anda mengurusi kaki burung kenari malan tersebut, jangan biarkan Ia keluar dari kandang. Anda mesti mengkarantina si burung tersebut. Nah, pada waktu karantina, upayakan situasi burung sudah dalam kondisi bersih. Mengapa demikian? karena selama dua hari ke depan ketika si burung berada di dalam masa karantina, dia tidak bisa dimandikan. Bukan karena apa, namun karena di masa tersebut obat-obatan yang kita aplikasikan sedang bereaksi di dalam tubuhnya atau di bagian kaki yang mengalami bubulan.

Baca juga  Nutrisi dan Khasiat Tulang Sotong untuk Kenari!

cara mengobati bubul ayam

Barulah selepas dua hari, anda bisa mencuci kaki burung kenari bubulan dengan air hangat. Seusai Anda melakukan itu, Anda bisa mengeringkan kaki burung kenari dengan lap yang lembut sampai benar- benar kering dan bersih.

  1. Tanda burung kenari sembuh dari penyakit bubulan

Lazimnya, ketika Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas, Anda bisa melihat perubahan yang terjadi dalam diri burung kenari Anda. Misalnya wajah yang kembali nampak riang. Lalu bubulan yang kering dan mulai mengelupas. Ini ditandai dengan munculnya warna putih di area kaki yang terkena bubulan.

  1. Lakukan Pemeliharaan Dengan Continue

Setelah Anda mendapati kaki burung kenari Anda mulai sembuh, sebaiknya Anda tidak merusaknya lagi dengan keteledoran Anda. Jaga kandang agar tetap bersih. Ganti tempat makan dan minumnya secara berkala. Anda juga bisa menggunakan wadah yang lama namun harus sering dicuci. Ingat, gagal dalam mewujudkan kandang yang bersih menjadikan burung kenari Anda bisa terserang penyakit bubulan dan penyakit-penyakit lain.

Kesimpulan

Mengobati kaki kenari bubulan tidak sesulit yang Anda bayangkan. Hanya dengan beberapa langkah mudah, penyakit ini sudah bisa dihilangkan. Yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah kebersihan kandang dan asupan pakan yang sehat.

Burung kenari adalah salah satu spesies unggas yang banyak diminati banyak orang. Terimakasih sudah membaca dan selamat menikmati konten kami selanjutnya!

Leave a Comment