Inilah Perbedaan Ayam Bangkok dan Ayam Jawa yang Perlu Anda Ketahui

fleda beberapa perbedaan ayam bangkok dan ayam jawa. Mulai dari fisik hingga mental bertandingnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang hal ini, maka ada baiknya Anda menyimak tulisan kami berikut ini.

Mengenal Ayam Kampung

Siapa yang nggak kenal dengan ayam kampung? Ayam kampung indonesia merupakan julukan untuk ayam yang dipelihara di Indonesia.

Yang mana ayam – ayam asal muasalnya alamiah, tidak ditangani dengan metode budidaya komersial. Ayam kampung tidak berawal dari ras unggas yang sengaja dibentuk secara genetika buat peternakan besar.

Ayam kampung ialah salah satu peliharaan unggas yang sudah memasyarakat serta tersebar di semua penjuru nusantara. Ciri-ciri ayam jago kampung yang bagus ialah yang benar-benar makanannya dari lahir alami dan hidupnya bebas tanpa dikandang.

Sebutan ayam kampung pada awal mulanya hanya buat memisahkan dengan ayam ras. Pada perkembangannya setelah masa itu, banyak dilakukan program pengembang- an, pemurnian, serta pemuliaan ayam lokal bibit unggul. Yang saat ini biasa kita ketahui dengan gelar ayam buras (maksudnya adalah ‘ayam bukan ras’) dengan metode budidaya yang terus diperbarui.

Ayam kampung yang memiliki nama latin ‘Gallus domesticus’ ternyata memiliki daya produksi daging serta telur yang bermacam- macam, memiliki banyak kelebihan khusus seperti memiliki suara lantang yang khas, warna bulu yang menarik dan mengkilap, dan seterusnya.

Mengenal Ayam Jago Bangkok

ayam bangkok vs bangkok

Serupa dengan namanya, ayam Bangkok merupakan tipe ayam asli dari Thailand. Tetapi ayam ini tidak seperti itu saja hidup di alam liar. Perbedaan telur ayam bangkok dan kampung kami uraikan berikut ini:

Kedatangan ayam Bangkok ini nyatanya berasal dari usaha masyarakat setempat yang menciptakan tipe ayam jago terkini. Sesudah itu diberi sebutan King’ s Chicken.

Sebab mempunyai aksi yang cepat serta stamina besar kala bertanding, orang dagang Cina yang terletak di Negara Gajah Putih ini terpikat dengan ayam kampiun itu.

Apalagi, tidak sedikit masyarakat Cina menjuluki ayam itu dengan gelar Leung Hang Zhao. Ayam ini kemudian populer pada masanya sampai ke Negara Tirai Bambu.

Ayam Bangkok sesudah itu terkenal di Tiongkok. Warga setempat berupaya buat memperoleh benih ayam kompetisi dengan mutu baik. Kamu juga mesti tahu bedanya dengan ayam mangon, di ciri ciri ayam bangkok mangon diulas lebih lengkap.

Baca juga  Berikut Ini Ciri-ciri Ayam Bangkok Mangon yang Mesti Anda Ketahui

Salah satu triknya dengan mengawin- silangkan ayam asli Cina dengan ayam Bangkok. Akhirnya, tipe ayam baru berhasil ditemui. Kekokohannya sebanding dengan ras ayam Bangkok.

Kelebihan Ayam Bangkok

perbedaan ayam bangkok dan ayam jawa

Diketahui selaku suku bangsa ayam jawara, ayam Bangkok memiliki identitas berbeda dengan ayam tipe lain.

  1. Ayam Bangkok yang sehat memiliki ukuran badan besar serta bentuk badan tegap
  2. Matanya nampak jernih dan pandangan tajam dikala diamati dengan cara langsung
  3. Mempunyai leher panjang
  4. Berjengger kecil serta pial yang juga kecil. Semuanya bercorak merah
  5. Patuk atau paruh ayam Bangkok bercorak kuning, nampak lebih penjang ketimbang ayam kampung, serta terlihat tebal
  6. Kaki ayam Bangkok nampak lebih gemuk serta kering
  7. Bulunya bercorak kuning serta nampak rapi
  8. Beratnya berkisar antara 3- 4 kilogram dikala telah mencapai usia dewasa.

Dengan depalan poin di atas, ayam Bangkok sanggup bertindak gesit, ketika bertanding. Serangan ayam Bangkok amat keras serta membuat lawan kewalahan.

Uniknya, bukan hanya kita saja yang cerdas, ayam Bangkok juga diketahui memiliki tingkatan intelek yang lebih baik ketimbang ayam kampung. Kemampuan ini  membuatnya lebih menang saat bertanding.

Tak ayal, ayam Bangkok jadi primadona. Banyak yang membelinya selaku binatang piaraan. Dan di dunia kompetisi, ayam bangkok lebih dihargai mahal. Bahkan bisa mencapai jutaan rupiah per ekornya untuk seekor ayam Bangkok yang berkualitas.

Ciri dan Perbedaan Ayam Bangkok dan Ayam Jawa

Berikut ini adalah perbedaan anak ayam bangkok dan kampung sebagai berikut:

  1. Kuping

Pada umumnya, ayam Bangkok dikenal memiliki telinga yg cenderung agak kecil jika dibandingkan dengan ayam yang biasa kita temui sehari-hari.

Di sisi lain, Ayam Bangkok juga memiliki pial yang kecil, bahkan ada juga yang tidak memiliki pial sama sekali. Anda tahu pial bukan? Itu lho, jengger ayam.

Nah, jadi jika suatu hari Anda melihat Ayam Bangkok dengan pial atau jengger yang besar, bisa jadi harus lebih diperhatikan kembali. Karena kemungkinan itu bukan ayam bangkok asli.

  1. Suara Berkokok

Suara kokok nya ayam bangkok begitu memiliki ciri khas tersendiri. Saking khas nya,  sehingga suara Berkokoknya ayam bangkok acapkali digunakan buat barometer dalam membedakannya dengan suara kokok ayam kompetisi yg lainnya. Terlebih lagi dengan anak hasil pernikahan silang antara ayam bangkok dengan ayam kampung.

Baca juga  Simak 7 Tips ini, Sebelum Membeli Indukan Ayam Bangkok yang Bagus!

Lalu bagaimana suara kokok nya ayam bangkok? Suara kokok nya ayam bangkok sedikit memiliki aksen empuk, suaranya tidak serak serta tidak berdengung. Dan suara kokok ayam bangkok bisa didengar dari jarak yang cukup jauh.

  1. Fisik Ayam Bangkok dan Ayam Jawa

Struktur fisik Ayam Bangkok VS ayam kampung yang biasa Anda temui secara garis besar nyaris serupa. Tetapi jika Anda amati dengan lebih detail, ada beberapa perbedaan mendasar.

Kedua- duanya memiliki bentuk badan tubuh yg berbeda. Pada tubuh ayam kampung, meskipun mereka memiliki tubuh yg nyaris serupa bagaikan ayam Bangkok, tetapi ada perbedaan pada cara berdirinya.

Ayam kampung berdiri dengan cenderung bungkuk. Sedangkan Ayam Bangkok mampu berdiri tanpa membungkuk. Sehingga ayam bangkok lebih terlihat gagah dan nampak atletis ketimbang ayam kampung.

  1. Warna Bulu

Perbedaan yg ada pada ayam bangkok vs ayam kampung yakni pada bulunya. Jika kita lihat dengan teliti, mengenali ayam Desa memiliki bulu berwarna hitam pada sayapnya, sedangkan untuk ayam bangkok, warna bulunya lebih condong ke arah cokelat.

  1. Paruh Ayam

Paruh yang dipunyai ayam Bangkok serta ayam kampung mempunyai perbandingan dari wujud fisiknya. Ayam Bangkok mempunyai paruh yang sedemikian panjang, tidak melebar, nampak kokoh, serta memiliki bagian berkerut di bagian atasnya ataupun kerap disebut orang sebagai paruh kering.

Bila ayam kampung, wujud paruhnya lumayan pendek, serta tidak terdapat kerutan di area paruhnya (atau catok berair).

  1. Badan Ayam

ayam jago jawa asli

Badan pada ayam Bangkok apabila diamati dari jauh nampak perkasa, berdiri tegap, dan gagah. Sebaliknya pada ayam kampung otot badannya tidak terlihat begitu besar serta tubuhnya terkesan gendut.

  1. Kepala Ayam Bangkok dan Ayam Kampung

Wujud kepala ayam Bangkok memiliki perbandingan tersendiri dengan ayam kampung. Pada ayam bangkok wujud kepalanya menyerupai buah pinang.

Baca juga  Cara Menggemukan Badan Ayam Bangkok yang Kurus dengan Cepat

Sebaliknya pada ayam kampung memiliki wujud kepala yang bulat panjang bagaikan telur serta berukuran cenderung kecil.

  1. Jengger Atas Ayam

Perbandingan berikutnya terdapat pada jengger bagian atas. Jika ayam bangkok mempunyai dimensi jengger kecil serta tidak sangat nampak. Berbanding berlawanan dengan ayam kampung yang mempunyai jengger atas berdimensi besar serta berdiri berdiri. Alhasil amat mencolok perbedaannya.

  • Jengger Bawah Ayam

perbedaan anak ayam bangkok dan kampung

Tidak hanya jengger atas yang memiliki perbedaan antara ayam bangkok dan ayam kampung, jengger bagian bawah pada kedua ras ayam ini juga memiliki perbedaan.

Jengger dasar ayam bangkok mempunyai ciri yang kecil. Ukuran ini nyaris serupa dengan jengger atasnya. Sebaliknya, untuk ayam kampung, jengger bawahnya terlihat lebih panjang, dengan penampang lebih luas, serta bergelantungan atau menggelantung.

  • Leher Ayam

Bagian leher dari kedua ayam memiliki prbedaan bila diamati langsung. Leher ayam bangkok mempunyai dimensi panjang, besar, keras, serta berotot. Dan ayam kampung mempunyai dimensi leher yang lebih kecil serta tidak terlihat berisi semacam ayam bangkok.

  • Bahu / Pundak Ayam

Pundak pada kedua ayam ini terdapat perbandingan bila diihat lebih cermat. Pada ayam bangkok mempunyai pundak lebih lebar. Sedangkan pada ayam kampung atau ayam ras, dimensi bahunya lebih kecil dan ramping.

  • Ekor Ayam Bangkok dan Ayam Jago Kampung

Perbandingan antara ayam bangkok serta ayam kampung juga bisa Anda lihat pada ekornya. Bagian buntut ayam bangkok lebih terlihat datar ke belakang. Sebaliknya ekor yang dimiliki ayam kampung terlihat mengarah melengkung seperti bentuk pelangi.

  • Kaki Ayam

Terakhir, kita akan membandingkan kaki atau ceker ayam. di perbandingan terakhir ini, untuk kaki ayam bangkok mempunyai dimensi tulang besar, jauh, kokoh, serta pahanya berotot. Sebaliknya ayam kampung lebih kecil, pendek, namun juga kokoh, sama seperti ayam bangkok.

Kesimpulan

Demikian beberapa perbedaan ayam bangkok dan ayam jawa. Semoga tulisan kami memberikan manfaat dan jangan lupa, jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan share ke media sosial Anda ya.

Selamat menikmati tulisan kami yang lain 🙂

Leave a Comment