Bagaimana Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci?

Mempunyai binatang piaraan seperti kelinci pasti amat mengasyikkan, namun seringkali terdapat hal yang jadi gangguan. Yang mana salah satunya merupakan menanggulangi terjadinya penyakit gudikan atau scabies pada kelinci. Mengapa kelinci yang menggemaskan ini bisa terserang scabies?

Untuk Anda yang mencari informasi tentang scabies pada kelinci, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, silahkan membaca artikel ini sampai selesai. Karena Anda akan mendapatkan banyak informasi untuk menangani dan mencegah penyakit ini di hewan kelinci peliharaan Anda.

Apa itu Scabies pada Kelinci?

Salah satu perihal yang amat membebani seorang peternak kala menjaga kelinci ialah menanggulangi penyakit gudikan.

Gudikan, dalam bahasa kedokteran biasa disebut dengan nama scabies. Scabies ialah penyakit yang diakibatkan karena serangan sejenis hewan kutu dengan ukuran mikroskopis.

Oleh sebab ukurannya amat kecil, kutu ini mampu bercokol di dasar selaput kulit kelinci. kuman ini mengakibatkan timbulnya rasa gatal di permukaan kulit hewan.

Umumnya, bila seekor kelinci terserang penyakit gudikan, maka kelinci tersebut bakal terus menggaruk bagian badannya yang terserang gudikan itu.

Jika tidak dihentikan, aktivitas menggaruk ini dapat menimbulkan cedera ataupun sobek di bagian yang ada penyakitnya. Biasanya, scabies pada kelinci kerap ditemukan di bagian kaki, hidung, serta telinga kelinci.

Selanjutnya inilah sekelumit penjelasan yang terpaut dengan penyakit scabies ataupun gudikan pada kelinci.

Awas jika terkena pada bayi bisa bahaya, makanya simak cara merawat bayi kelinci agar tidak mati tentu mencegah lebih baik daripada mengobati.

Pertanda Penyakit Gudikan Scabies Pada Kelinci

penyakit scabies pada kelinci

Kutu scabies, dalam bahasa Latin diucap dengan sebutan Sarcoptes scabiei, ialah binatang mikroskopis yang tumbuh dan berkembang dengan cara bertelur. Sesungguhnya penyebaran penyakit gudik atau scabies pada kelinci ini dapat Berawal dari manapun. Misalnya datang dari binatang lain, orang, ataupun dapat pula berasal dari rumput lapangan.

Kutu ini bisa bertahan sekitar 2 hingga 3 hari di tempat yang kering dengan temperatur yang berkisar antara 26 hingga 31 derajat celcius. Ditambah, bila kuman ini berada ditempat yang lebih dingin serta mengarah ke arah lembab, maka kutu ini dapat bertahan hidup dalam durasi yang lebih lama.

Baca juga  Inilah Cara Merawat Bayi Kelinci Agar Tidak Mudah Mati

Ketika Anda menjaga kelinci, kami menyarankan kelinci agar ditempatkan pada kandang yang kering serta bersih. Kandang yang kering & bersih ini tidak akan menjadi rumah kutu yang nantinya bisa mengakibatkan scabies pada kelinci.

Kala kutu mengeluarkan telur yang kemudian menetas, maka setelah itu mereka akan menjadi larva sepanjang kurang lebih 4 hari.

Berikutnya, larva ini baka menjadi kutu muda, kemudian berkembang jadi kutu dewasa.

Kemudian apa saja kiat mengenali bila kelinci yang dipelihara mempunyai penyakit gudikan yang disebabkan oleh kutu scabies ini? Apa sajakah pertanda kelinci yang lagi terkena penyakit gudikan?

  1. Ada lapisan semacam ketombe di bagian tertentu
  2. Terjadi pembengkakan pada kaki yang mengakibatkan kuku kelinci seakan hendak copot
  3. Bagian telinga bersama pinggirnya nampak hilang sebab tersayat oleh kutu
  4. Hewan kelinci jadi malas untuk makan
  5. Efeknya kelinci sulit tidur / insomnia
  6. Kelinci terlihat sering menggerakkan kepala serta menggaruk bagian yang terserang gudik
  7. Mata kelinci nampak sayu
  8. Terjadi penandukan pada bagian kulit tertentu
  9. Kelinci malas dan tidak banyak bergerak

Pemicu Penyakit Gudik atau Scabies Pada Kelinci

scabies kelinci

Sesungguhnya apa saja yang menimbulkan kelinci terserang penyakit gudik? Bila Anda bertanya seperti itu, maka jawaban yang pasti ya karena kutu scabies itu sendiri. Seperti yang sudah kami paparkan di atas, kalau kutu scabies ini dapat menyerang bermacam organisme: termasuk hewan, dan manusia.

Kutu ini amat gampang merebak sebab perilakunya dia memiliki sifat menular, ataupun biasa disebut dengan istilah zoonosis. Sehingga jangan terkejut di satu kandang ketika terdapat satu kelinci yang terserang penyakit gudik, maka penyakit ini bakal langsung menular ke kelinci yang lain.

Kutu ini amat senang hidup di tempat yang lembab serta jorok. Inilah sebabnya kami yakin jika pemicu kelinci terserang penyakit gudikan ataupun scabies, kemungkinan besar ialah disebabkan lingkungan ataupun tempat kandang kelinci yang tidak bersih, lembab. Faktor- faktor inilah yang menjadi sebab kandang berubah jadi rumah kutu.

Baca juga  Waspadai 6 Hal Penyebab Kelinci Mencret!

Tidak hanya itu, kutu ini tidak jarang ditemukan di rerumputan. Bila Anda sangat sering memberikan pakan rumput- rumputan pada kelinci, ada kemungkinan dari rumput- rumput itulah berkemungkinan jadi sebab terjangkitnya kelinci oleh penyakit scabies.

Walaupun rumput bisa jadi awal penularan scabies, namun tetap saja, sesungguhnya pemicu yang sangat dominan ada kaitannya dengan kebersihan kandang yang kurang dipelihara. Karena mau diapakan juga, bila kandang tidak dipelihara kebersihannya, hal tersebut dapat menimbulkan penyebaran ke tiap kandang (satu kandang ke kandang yang lain).

Pada akhirnya, kelinci yang tadinya sehat dan bugar, memiliki kemungkinan tertular ataupun terkena penyakit gudikan, serta infeksinya juga terjalin berkali-kali. Karena tinggal di tempat yang sama

Metode Menyembuhkan Kelinci Gudikan (Scabies) pada Kelinci

ciri scabies pada kelinci

Kala kelinci diserbu kutu scabies ataupun gudik, maka tentu saja kejadian ini tidak bisa didiamkan saja. Sebab penyakit ini tidak bisa dianggap remeh. Penyakit ini ialah salah satu penyakit yang serius sehingga memerlukan penindakan yang sesuai & segera. Di sini akan kami jelaskan dua metode yang bisa dilakukan guna menanggulangi penyakit gudik atau scabies pada kelinci.

  • Mengoleskan Obat Salep Pada Badan Kelinci

Mengoleskan salep di bagian yang terkena scabies ialah salah satu metode yang bisa dilakukan buat menyembuhkan gudikan pada kelinci. Bila penyakit gudikan pada kelinci belum sangat parah, dalam arti belum merebak ke mana- mana, maka salep kulit yang biasa dipakai oleh manusia jua dapat dipakai buat menyembuhkan scabies pada kelinci, misalnya salep kulit 88.

Tidak hanya itu, penyembuhan penyakit ini dapat pula dengan memakai salep khusus, misalnya salep bernama scabimite. Metode memakai salep ini amat gampang, yang perlu Anda lakukan ialah terlebih dulu mensterilkan bagian badan kelinci yang terkena scabies dengan air hangat.

Baca juga  Waspadai 6 Hal Penyebab Kelinci Mencret!

Bila bulu kelinci terlihat sangat panjang, maka Anda butuh mencukur bulunya terlebih dulu. Sehabis dibersihkan dengan air hangat, bagian kulit yang hendak diolesi salep dikeringkan terlebih dulu, hal ini biar bagian yang akan kita berikan salep tidak lembab. Kemudian setelah itu berikan salep di bagian yang terkena penyakit 2 hingga 3 kali per satu hari. Lakukanlah pengolesan ini dengan cara teratur tiap harinya.

Meski teknik ini kurang efisien ketika si kelinci terjangkit scabies di bagian kaki, namun untuk bagian tubuh lainnya, akan sangat efektif.

  • Membersihkan Kelinci Dengan Larutan Belerang atau Sulfur

Metode berikutnya yang dapat Anda lakukan buat menyembuhkan penyakit gudikan pada kelinci ialah dengan membersihkan kelinci memakai larutan sulfur.

Air yang sudah dicampur dengan sulfur setelah itu dipakai buat membersihkan kelinci ke semua bagian badan kelinci. Tetapi butuh diketahui kalau Anda tidak bisa terlalu banyak menambahkan belerang pada air. Sebab, bila kandingan sulfur sangat banyak di dalam air, ini dapat menimbulkan kulit kelinci jadi kering. Alhasil kulit kering ini akan menimbulkan akibat negatif yang lain pada badan kelinci.

Salah satu kekurangan dari metode penyembuhan dengan membersihkan kelinci memakai larutan sulfur ialah dapat menimbulkan kelinci stress. Terutama untuk kelinci yang jarang dimandikan. Mereka akan syok setelah pertama kali dimandikan. Apalagi dimandikan dengan larutan sulfat. Namun jika kelinci sudah sering dimandikan, maka metode ini bisa dilakukan dan cukup efisien.

Kesimpulan

Demikianlah dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan scabies pada kelinci. Dua metode ini mudah dilakukan dan cukup efektif untuk membunuh kuman. Tentu saja, masih banyak cara lain untuk melawan penyakit ini. Seperti memberikan antibiotik dan langsung dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Terimakasih sudah membaca dan silahkan nikmati sajian kami yang lain.

Leave a Comment