Nutrisi dan Khasiat Tulang Sotong untuk Kenari!

Tulang sotong untuk kenari memiliki banyak sekali khasiat. Namun, apakah Anda tengah memelihara kenari dan sedang mencari tahu panduan memilih makanan tambahan yang tepat untuk kenari? Kita ulas apa manfaat tulang sotong untuk kenari disini

Jangan sampai kenari Anda sakit hanya karena Anda melewatkan membaca artikel ini! Sebaiknya Anda tahu, tentang bagaimana menjaga kenari Anda bisa sehat terus! Salah satunya, tentu saja mengetahui nutrisi dan khasiat berbagai jenis makanan kenari!

Nutrisi tulang sotong

Diantara jenis makanan kenari yang paling sering digunakan adalah pelet kenari, canary seed, buah dan sayur pilihan, serta makanan tambahan tinggi protein seperti telur dan tulang sotong.

Dari berbagai jenis pakan tambahan kenari ada satu yang populer di kalangan penghobi kenari. Jika Anda belum familiar, pakan tambahan apa itu? Tentu saja jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah tulang sotong!

Sotong adalah benda ringan berbentuk lonjong dan berkapur! Nah, kira-kira Anda sudah tahu belum, mengapa nutrisi binatang laut ini sangat cocok untuk kenari? Jika belum, mari simak uraiannya sebagai berikut!

Tulang sotong atau cuttlebone dibuat dari aragonit, ialah kalsium karbonat yang menyatu atau mengkristal yang mudah diserap.

Terlepas dari jumlah kalsium karbonat yang jumlahnya besar, cangkang sotong mengandung beragam zat yang Manfaatnya juga bermacam-macam.

Di antara nutrisi tulang sotong, Anda bisa menemukan kandungan kalsium fosfat. Selain mempunyai kandungan kalsium fosfat, tulang hewa ini juga mengandung nutrisi seperti natrium dengan kandungan yodium, magnesium, fosfor, serta garam mineral lainnya yang berkhasiat untuk kesehatan burung kenari.

Lalu, apa khasiatnya? Ini dia khasiatnya untuk kenari!

Khasiat tulang sotong untuk kenari

manfaat tulang sotong untuk kenari

  • Memperkuat tulang

Cuttlebone atau tulang sotong mengandung sekitar 85% kalsium. Sangat kaya kalsium bukan?! Tak salah jika Anda memilih menggunakan tulang sotong sebagai cara menambah kadar kalsium untuk burung kenari Anda.

Baca juga  Cara Ampuh Mengobati Kaki Kenari Bubulan!

Sudah bukan rahasia lagi, jika kalsium berkhasiat untuk tulang. Karena khasiat kalsium alami tulang sotong yang mudah terserap, tulang kenari Anda pun dapat tumbuh lebih kuat dan terus berkembang.

  • Menguatkan rahang, mencegah paruh tumbuh berlebihan dan mempercantik bulu

Tak sekedar khasiat kalsium dan zat mineralnya,  tulang sotong ternyata berkhasiat juga untuk menguatkan rahang juga paruh mereka, dan menajamkan serta menurunkan paruhnya.

Sebab, burung kenari membutuhkan cara untuk menghentikan paruh agar tidak tumbuh berlebihan. Selain itu, burung kenari pematuk sotong, dapat bertelur lebih cepat daripada burung yang tidak melakukannya.

Alasan lainnya mengapa hewan laut ini baik untuk kenari, ialah pada saat bulu burung meranggas, maka akan tumbuh bulu baru yang lebih sehat, lebih kuat, dan lebih indah.

Kini, tulang sotong tak hanya dimanfaatkan sebagai suplemen makanan tambahan kenari, tapi juga digunakan sebagai alat permainan atau olahraga untuk burung kenari.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Ternyata, tulang sotong berkhasiat melancarkan sistem pencernaan kenari. Kenari  sangat suka mengkonsumsi biji-bijian tanpa membuang kulitnya.

Faktanya, salah satu zat yang terkandung di dalamnya ternyata dapat membantu melumat kulit biji-bijian yang ditelan kenari hingga menjadi lembut.

Anda penasaran bagaimana itu bisa terjadi? Rahasianya ada pada kandungan yodium dari tulang sotong. Yodium terkenal sebagai zat mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon tiroid.

Tahukah Anda, kenari juga membutuhkan hormon tiroid! Salah satunya  untuk proses metabolisme?!

Hati-hati! Kekurangan hormon ini bisa mengakibatkan timbulnya masalah hipotiroidisme. Dengan kata lain, kenari bisa mengalami masalah kesehatan. Salah satunya seperti, sembelit atau susah buang air besar.

Untuk mencegahnya, perhatikan kadar yodium pada tubuh kenari. Tak perlu khawatir, Anda cukup menggunakan tulang sotong untuk memenuhi kebutuhan yodium kenari.

  • Mencegah kekurangan protein

Sediakan sotong sebagai  makanan tambahan berprotein tinggi untuk kenari Anda.  sebab biji-bijian yang dimakan burung kenari besar kemungkinannya tidak dapat memenuhi kebutuhan protein mereka.

Baca juga  Cara Ampuh Mengobati Kaki Kenari Bubulan!

Khasiat protein makanan spesial burung ini antara lain untuk memperbaiki sel, memproduksi sel baru, serta membuat organ tubuh bekerja dengan baik. Perlu Anda ingat! Protein, dapat mempercepat pemulihan luka pada saat mengalami cedera.

Bagaimana? banyak bukan nutrisi dan khasiat tulang untuk burung kenari! Simak juga tips mengobati kaki kenari bubulan, sedikit nyambung dengan artikel ini. Klik dan baca aja linknya.

Tips memberikan tulang sotong untuk kenari

tulang sotong untuk kenari jantan

Kemudian, bagaimana tips memulai memberikan tulang sotong untuk burung kenari? Tipsnya adalah:

Pertama

jika Anda menggunakan suplemen tulang sotong buat kenari, jangan lupa untuk merebus sepanjang kurang lebih 10 hingga 15 menit guna melenyapkan bau ikan serta mensterilkannya. Mereka setelah itu wajib didiamkan hingga kering di bawah cahaya matahari.

Kedua

Campurkan sotong ke dalam pakan burung kenari. Caranya, kikislah tulang binatang sotong di bagian tepinya hingga menjadi bubuk yang bisa ditaburkan diatas permukaan makanan kenari.

Mengenalkan pakan tambahan pada kenari bisa menjadi tantangan tersendiri. Sebab, kenari mungkin tidak bisa langsung menerima begitu saja. Butuh proses pengenalan!

Jika sotong di pasangkan ke dinding kandang, lalu kenari seketika tertarik memakannya, tentu itu hal yang baik. Tapi jika butuh masa pengenalan, maka lakukan langkah pengenalan seperti yang telah dicontohkan di atas!

Untuk masa pengenalan makanan tambahan atau jenis makanan baru, kemungkinan waktu yang dibutuhkan antara 4 hingga 8 minggu. Periode tersebut biasanya berlaku untuk masa pengenalan pelet!

Ketiga

Agar tidak jamuran, sebaiknya jangan menyimpan tulang dari sotong terlalu banyak. Karena sifat hidrofilik sotong yang mudah menyerap uap air di udara bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur pada sotong.

Ganti tulang dari sotong untuk kenari sebelum berjamur. Untuk menyimpannya, manfaatkan wadah kedap udara saja!

Baca juga  Cara Ampuh Mengobati Kaki Kenari Bubulan!

Demikian cara menyimpan dan Cara pemberian tulang hewan sotong untuk kenari. Mudah bukan?!

Harga Tulang Sotong untuk Kenari

tulang sotong untuk kenari

Nah, apakah saat ini Anda mulai tertarik untuk menggunakan sotong untuk kenari Anda tapi masih bingung dimana belinya? Berapa harganya?

Harga makanan untuk burung kenari ini yang tersedia di berbagai marketplace antara lain mulai dari harga Rp.1000 – Rp.11.900

Untuk lebih detail, soal harga Anda bisa langsung cek di marketplace terpopuler langganan Anda!

Atau jika Anda sempat, mampirlah ke toko pakan ternak burung yang menyediakan tulang-belulang sotong higienis karena dijual dalam keadaan sudah steril!

Tapi, jika Anda merasa kesulitan menemukan sotong buat burung kenari, Anda bisa mencoba memberikan pengganti tulang-belulang sotong untuk kenari!

Anda tentu tak asing lagi dengan telur rebus! Selain murah harganya dan mudah membuatnya, telur rebus bisa menjadi sajian praktis pengganti sotong untuk kenari.

Karena sama-sama tinggi protein, telur rebus cocok digunakan sebagai pakan tambahan atau suplemen untuk burung kenari.

Berikut ini langkah-langkah memberi telur rebus untuk kenari:

Pertama

Rebus telur selama 15-20 menit.

Kedua 

Dinginkan telur! Kemudian kupas dan potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam piring pakan kenari di kandang.

Ketiga

Berikan dua kali dalam satu minggu.

Keempat

Pindahkan sisa telur rebus dari kandang, setelah empat sampai lima jam.

Segera keluarkan sisa telur sebelum membusuk dan mencemari kandang!

Kesimpulan

Nah, kini Anda tahu, tulang sotong untuk kenari kaya akan nutrisi dan berkhasiat. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi dengan kesehatan burung kenari kesayangan Anda!

Leave a Comment